Cara Menanam Sage

Cara Menanam Sage . Sage (Salvia officinalis) adalah tanaman kuat tahan lama (dalam zona 5 hingga 9) yang rasanya aromatik dan sedikit pahit. Sage mudah ditanam, hanya memiliki tiga syarat utama – banyak sinar matahari, drainase yang bagus dan sirkulasi udara yang baik. Tampilannya bagus di taman Anda dengan bunga warna ungu, pink, biru, atau putih yang cantik di musim panas. Jika dipetik dan dikeringkan, bisa digunakan sebagai isian masakan unggas, kelinci, babi dan ikan panggang, dan juga bisa digunakan untuk sosis atau meatloaf (daging cincang gulung). Apabila Anda ingin belajar cara menanam sage di rumah, mulailah dengan Langkah 1 di bawah ini. yang telah kita rangkum dalam Alabamalighthouses.com

Disupport oleh Daftar Poker77

Beli biji sage atau tanaman sage.

Anda bisa mulai menanam sage dengan beberapa cara. Apabila Anda tidak pernah menanam sage sebelumnya, Anda bisa menanam biji sage segar (yang sifatnya mudah berubah-ubah) atau membeli satu tanaman kecil dari penjual tanaman dan menanamnya di taman dan atau dalam pot keramik.

  • Apabil Anda memutuskan untuk menanam biji, Anda sebaiknya menanam di akhir musim semi (di tanah atau dalam wadah) sekitar 0,3 cm dalamnya dan berjarak 60 hingga 75 cm antar tanaman. Sage memerlukan waktu 10 hingga 21 hari untuk bertunas.
  • Namun, bila Anda telah memiliki tanaman sage, Anda bisa menggunakan teknik setek atau lapisan untuk menanam tanaman baru.

Siapkan tanahnya.

Sage tumbuh dengan baik di tanah lempung yang kaya dengan drainase yang baik dan kaya nitrogen. Sage cocok dengan tanah yang memiliki pH atau keasaman 6.0 hingga 6.5.

  • Apabila Anda menggunakan tanah lempung, coba mencampurnya dengan pasir dan bahan organik lain. Ini akan meringankan tanah dan membantu drainase.
  • Sage tumbuh paling baik di antara tanaman rempah tahan lama lainnya yang cocok tumbuh di tanah yang lebih berpasir seperti timi, oregano, marjoram dan peterseli.

Mulailah menanam.

Setelah menyiapkan tanah, Anda bisa mulai menanam sage di pot atau langsung di tanah. Anda bisa menanam sage dari bibit atau bijinya.

  • Jika Anda ingin memindahkan tanaman sage ke tanah, pastikan untuk menanamnya dengan ketinggian yang sama seperti di pot.
  • Jika Anda ingin menanam sage dari bijinya, mulailah menanam di akhir musim hujan, bisa di dalam wadah atau polybag dengan kedalaman sekitar 0,5 cm dan jarak 60-75 cm. Biji sage membutuhkan waktu sekitar 10-21 hari untuk berkecambah.

Jangan menyiram berlebihan.

Saat tanaman sage masih kecil, Anda sebaiknya menyemprotkan air sedkit saja agar tanah lembap.

  • Tetapi ketika sudah besar, Anda hanya perlu menyiram sage ketika tanah dsekitarnya kering saat dsentuh.
  • Bahkan, dalam iklim tertentu, Anda tidak perlu menyiram sage sama sekali – sage akan mendapatkan air yang diperlukan saat hujan.
  • Sage adalah tanaman kecil yang kuat dan tahan akan kondsi yang sangat kering.

Sediakan sinar matahari yang cukup.

Idealnya, tanaman sage tumbuh di bawah matahari penuh, tapi sage juga bisa hidup di bawah sedkit peneduh di area yang lebih panas.

  • Bila sage terlalau teduh, tumbuhnya akan memanjang dan tidak sehat. Jadi bila Anda menanam sage di dalam ruangan dengan sedkit sinar matahari, Anda bisa menggunakan sinar fluorescent. Lampu standar fluorescent sebaiknya dletakkan 5 – 10 cm di atas tanaman.
  • Namun, lampu khusus tanaman seperti high output fluorescent, compact fluorescent, atau high intensity dscharge (metal halide atau high pressure sodum) akan bekerja lebih baik, dan bila dgunakan harus dletakkan 5-10 cm di atas tanaman.