Cara Menjernihkan Air

Cara Menjernihkan Air.Akses air bersih terlampau penting bagi kesegaran manusia, hewan, terhitung tumbuhan. Sayangnya, air dapat terkontaminasi patogen, mineral, serta pengotor penyebab penyakit dan persoalan kesehatan. Ada banyak langkah yang dapat digunakan untuk memurnikan air serta menyingkirkan endapan dan kontaminannya, baik kecuali Anda berada di alam bebas yang jauh berasal dari sumber air bersih ataupun tidak mempunyai sumber air yang safe di rumah. yang telah kita rangkum dalam alabamalighthouses

Disupport oleh Daftar Poker77

Saring air.

Untuk air yang telah terkontaminasi partikel berukuran besar seperti batu kerikil, serangga, potongan tanaman, ataupun lumpur, Anda bisa menyaring kontaminannya. Siapkan saringan jaring rapat berlapis kain muslin, kain keju, lap piring bersih, atau bahkan kaus katun bersih. Letakkan saringan di atas mangkuk kemudian tuangkan air melaluinya. Dengan demikian, partikel besar pada air akan tertahan.

  • Ingatlah bahwa menyaring air dengan cara ini hanya akan menghilangkan partikel berukuran besar, tetapi tidak patogen, logam berat, maupun kontaminan lainnya.

Buat filter air sendiri.

Anda juga bisa membuat filter air sendiri untuk menghilangkan endapan berukuran besar dari air. Anda membutuhkan beberapa peralatan, tetapi Anda juga bisa menggunakan alternatif penggantinya jika perlu, yang meliputi:

  • batang pohon birch yang dibentuk menjadi kerucut sebagai pengganti botol dan tutupnya.
  • kaus atau handuk sebagai pengganti filter kopi.
  • kacang-kacangan, akar, atau rerumputan sebagai pengganti bahan filter

Manfaatkan endapan dalam air.

Jika Anda tidak punya alat apa pun untuk menyaring air, Anda bisa memisahkan partikel-partikel besar dari air dengan membiarkannya mengendap. Tampung air dalam mangkuk atau stoples, kemudian biarkan selama 1 atau 2 jam. Selama dibiarkan, partikel-partikel berat dalam air akan mengendap di dasar wadah, sementara partikel-partikel ringan akan mengambang di permukaan air. 

  • Untuk menghilangkan partikel ringan, Anda hanya perlu mengambilnya dengan sendok dari permukaan air.
  • Untuk menghilangkan endapan berat, tuangkan air perlahan-lahan ke dalam mangkuk atau stoples bersih. Namun, berhentilah menuang air sebelum sampai ke bagian dasar mangkuk. Dengan begitu, endapan berat akan tertinggal di wadah sebelumnya.