Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan – Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu  arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Istilah arsitek seringkali di artikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi  konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial.

Tanggal 18 Maret mungkin menjadi hari biasa saja bagi masyarakat Indonesia. Namun, pada tanggal tersebut ada sebuah perayaan di tujukan untuk para arsitek. Yup, 18 Maret tercatat sebagai peringatan Hari Arsitektur Nasional.

Memang perayaan ini jauh dari ingar bingar apalagi tak masuk dalam daftar hari libur nasional. Meski tak populer, peringatan ini jadi momentum tepat untuk daftar idn poker asia mengapresiasi para arsitek asli Indonesia yang sudah menelurkan karya-karya terbaiknya. Sembilan tokoh arsitek ini telah memiliki sejumlah karya dan telah di akui oleh banyak pihak.

1. Liem Bwan Tjie

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Lahir di Semarang pada 6 September 1891, Liem Bwan Tjie muda di kirim orangtuanya menimba ilmu di Belanda di tahun 1910. Di sana, beliau menimba ilmu dan bekerja di beberapa biro arsitektur. Sempat di larang kembali ke tanah air oleh Hindia Belanda, Liem Bwan Tjie akhirnya dapat menjejaki Indonesia  pada 1929 setelah mendapat dukungan dari tokoh masyarakat Tionghoa.

Kembalinya Liem Bwan Tjie ke Indonesia menjadi awal dirinya menelurkan beberapa karya arsitektur. Di kenal mendesain rumah untuk kalangan elit di Indonesia, belian juga menghasilkan karya-karya terkenal lain berupa rumah bangsawan The Bo Djwan yang berlokasi di seberang Museum Brawijaya Malang, Kantor pusat Oei Tiong Ham Concern di Semarang hingga Stadion Teladan di Medan yang menjadi markas tim PSMS Medan.

2. Han Awal

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Pria asal Malang ini memang telah berpulang pada 14 Mei 2016 lalu. Han Awal hingga kini di kenal sebagai arsitek konservatoris dengan sejumlah proyek pemugaran bangunan bersejarah. Gereja Katedral Jakarta, Gedung Arsip Nasional dan beberapa bangunan di kawasan Kota Tua Jakarta berhasil mendapatkan ‘sentuhan’ pemugarannya.

Selain itu, Han Awal juga terlibat dalam beberapa proyek pembangunan lain. Kampus Universitas Katolik Atma Jaya dan gedung sekolah gedung sekolah Pangudi Luhur di Kebayoran Baru, Jakarta adalah karya lain darinya. Tak hanya itu, beliau juga terlibat dalam pembangunan gedung Conefo (Conference of New Emerging Forces) yang kini di kenal sebagai Gedung DPR/MPR.

3. Y.B Mangunwijaya

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Bernama asli Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, pria asal Semarang satu ini di kenal dengan sebutan Romo Mangun. Di dunia arsitektur, beliau sering di juluki Bapak Arsitektur Modern Indonesia. ‘Menyulap’ pemukiman warga di sekitar Kali Code Yogyakarta adalah salah satu karya yang mengantarkannya pada sejumlah penghargaan.

Itu semua tak lepas dari dedikasinya yang begitu perhatian pada nasib masyarakat miskin khususnya yang tinggal di Kali Code. Pria yang juga di kenal sebagai penulis dan rohaniawan ini sukses mengubah wajah pemukiman yang kumuh jadi lebih ceria dan begitu bewarna.

4. Soejoedi Wirjoatmodjo

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Sosok pendiam ini memang tak sepopuler di bandingkan arsitek-arsitek lain. Namun, pria kelahiran 27 Desember 1928 nyatanya punya beberapa karya yang menakjubkan. Ikut dalam pembangunan Gedung DPR/MPR, Soejoedi Wirjoatmodjo juga menjadi ‘otak’ lahirnya bangunan-bangunan monumental seperti Gedung Sekretariat ASEAN, Gedung Kedutaan Besar Prancis, dan Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur, Seoul serta Beograd.

5. Achmad Noe’man

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Mendapat sebutan Arsitek Seribu Masjid, Achmad Noe’man mencetak karya-karya bangunan masjid yang hingga kini masih kokoh berdiri dengan megah. Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Taman Ismail Marzuki Jakarta dan Masjid Al-Furqan UPI Bandung adalah beberapa karya darinya.

Tak hanya di Indonesia, pria yang juga berprofesi sebagai dosen di ITB ini juga merancang masjid di luar negeri seperti Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan dan mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina. Achmad Noe’man juga dikenal sebagai pencetus arsitektur masjid tanpa kubah salah satunya lewat bangunan karya pertamanya, Masjid Salman Institut Teknologi Bandung pada 1964.

6. Frederich Silaban

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Tokoh arsitek yang satu ini dikenal luas oleh masyarakat di tanah air. Beberapa karyanya menghiasi sudut-sudut ibu kota. Melalui sayembara Masjid Istiqlal pada 1955, karyanya yang diberi nama ‘ketuhanan’ membawanya keluar sebagai pemenang dan namanya makin masyhur. Masjid Istiqlal pun jadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

Selain masjid Istiqlal, Frederich Silaban juga menelurkan beberapa karya bersejarah. Monas, Monumen Pembebasan Irian Barat, dan Tugu Khatulistiwa di Pontianak adalah mahakarya sentuhan pria kelahiran Bonandolok, Sumatera Utara tersebut.

7. Yori Antar

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Jejak karier sang ayah, Han Awal, ternyata diikuti oleh sang anak Yori Antar. Mendapat julukan Pendekar Arsitektur Nusantara, pria bernama lengkap Gregorius Antar Awal ini fokus melestarikan arsitektur lokal daerah di Indonesia. Salah satu proyeknya yaitu konservasi Mbaru Niang, Rumah Adat Suku Wae Rebo di Flores, berhasil menyita perhatian publik.

Yori Antar juga menjadi penggagas gerakan Rumah Asuh. Gerakan ini dimulai sejak 2008 dan mengajak mahasiswa terpilih untuk belajar membangun kembali rumah-rumah adat daerah yang terancam punah bersama dengan para pemangku dan masyarakat desa.

8. Budiman Hendropurnomo

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Budiman Hendropurnomo juga merupakan salah satu arsitek yang dikenal lewat perpaduan karya tradisional dengan unsur-unsur modern. Beberapa karya pria asal Malang ini telah hadir dan menghiasi sudut kota-kota di Indonesia. Perpustakaan Universitas Indonesia, Hotel Novotel Surabaya, serta Maya Ubud Resort and Spa adalah hasil cipta pria yang memulai karier sebagai arsitek di Australia itu.

9. Ridwan Kamil

9 Profil Singkat Arsitek Tanah Air yang Punya Karya Menakjubkan

Siapa tak kenal sosok Ridwan Kamil? Gubernur Jawa Barat ini punya karya-karya arsitektur yang sudah dikenal luas publik. Museum Tsunami Aceh, Masjid Merapi, Masjid Al-Irsyad Bandung dan Rumah Botol adalah hasil karya pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Tak hanya didalam negeri, karya Ridwan Kamil juga telah melanglang buana ke luar negeri. Beberapa proyek seperti Ningbo Newton, Beijing Finance Street dan Marina Bay Waterfront Master Plan tak lepas dari campur tangan beliau