5 Manfaat Senam Kegel untuk Pria dan Cara Melakukannya

5 Manfaat Senam Kegel untuk Pria dan Cara Melakukannya

Manfaat senam kegel untuk pria sangat beragam, mulai dari mengatasi inkontinensia urine, gangguan prostat, hingga masalah disfungsi seksual. kamu perlu menemukan otot panggul terlebih dahulu sebelum memulai senam ini.

Tidak bisa dipungkiri, senam kegel selama ini identik sebagai olahraga bagi para wanita. Padahal, manfaat senam kegel untuk pria tak kalah hebat, salah satunya membantu mengembalikan kontrol kandung kemih, apalagi untuk kamu yang baru saja melakukan operasi prostat.

Bahkan, pada sebagian pria, senam kegel pun bisa membantu mengobati disfungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Tidak terlewat, rutin melakukan senam kegel juga mampu meningkatkan intensitas orgasme.

Apa itu senam kegel?

Senam kegel juga disebut latihan otot dasar panggul. Olahraga ini menargetkan penguatan untuk otot-otot dasar panggul yang juga dikenal sebagai otot pubococcygeal (PC).

Baik pria maupun wanita memiliki otot dasar panggul. Otot ini bekerja untuk memberikan dukungan pada organ-organ di area panggul, termasuk uretra, kandung kemih, dan usus. Otot ini juga membantu mempertahankan posisi organ-organ tersebut agar tetap ada di tempat, serta bekerja mengontrol kandung kemih dan fungsi seksual yang baik.

Saat muda, otot dasar panggul biasanya lebih kencang dan kuat. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot ini dapat menjadi lemah dan meregang. Otot ini bahkan dapat menjadi terlalu lemah atau longgar akibat proses kehamilan, persalinan, operasi untuk kanker prostat, masalah kandung kemih atau usus, hingga beragam faktor lainnya.

Manfaat senam kegel pria

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot panggul pada pria, di antaranya adalah operasi pengangkatan prostat, diabetes , dan kondisi overactive bladder (OAB).

Pada kondisi OAB, atau inkontinensia urine, seseorang akan sulit mengendalikan keinginan buang air kecil. Jadi, urine dapat keluar bahkan saat batuk atau tertawa. Nah, melakukan senam kegel dapat membantu menguatkan otot panggul untuk mengatasi inkontinesia urine..

Di samping itu, penelitian yang dilaporkan dalam Sexual Medicine Reviews menyatakan bahwa manfaat senam kegel pria juga bisa untuk:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *